sapy_stories

31 Januari 2009

e-ticketing

Filed under: 1 — anzbie86 @ 1:44 pm

Seiring dengan perkembangan teknologi yang diciptakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan teknologi informasi dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk saling berkomunikasi, penyebaran dan pencarian data, kegiatan belajar mengajar, serta dapat juga dimanfaatkan untuk melakukan transaksi bisnis. Pertumbuhun internet sejak pertama kali muncul hingga kini amat signifikan. Internet atau online atau world wid web (WWW atau Web) telah membawa dampak yang amat besar dalam kehidupan masyarakat (Burke, 1997; Bruce, 1999; Hart et.al, 2000).
Melalui jaringan internet perusahaan kecil, menengah, ataupun besar dapat menyajikan informasi produk, harga, syarat pembelian, cara pemesanan dan pembayaran, serta pengiriman barang kepada pelanggan, calon pembeli, mitra usaha, di seluruh dunia (Sutojo dan Kleinsteurber, 2002). Media internet berfungsi sebagai salah satu cara menjangkau pelanggan tanpa dibatasi ruang dan waktu, dan menjadi populer didunia bisnis saat ini. Berdasarkan hasil riset Zenith Optimedia salah satu biro iklan terkenal didunia, bahwa para pemasar pada tahun 2006 akan menghabiskan banyak dana untuk promosi dan iklan online. Saat ini promosi dan iklan online meraih pertumbuhan paling tinggi dibandingkan media lainnya (Ghozali,

2006). Menurut Zenith Optimedia, media iklan internet akan mengalami pertumbuhan sebesar 21 persen selama periode 2004-2008 (Marketing, Januari 2006). Pertumbuhan ini akan berdampak pada perilaku pengambilan keputusan konsumen online. Hasil survey untuk pembelian online di Indonesia dibandingkan negara lain tergolong paling rendah, yaitu sekitar 42 persen dibanding dengan Malaysia 63 persen dan Korea 92 persen (Marketing, Juni 2006). Faktor utama penyebab rendahnya transaksi online di Indonesia dikarenakan masyarakat Indonesia masih banyak yang gagap menggunakan teknologi. Pengetahuan tentang perilaku pengambilan keputusan pembelian konsumen online perlu diteliti dari saat ke saat sebagai informasi dalam meningkatkan pangsa pasar.
Maskapai penerbangan mempunyai harapan dengan diterapkannya e-ticketing, mereka bisa menekan biaya operasional. Ini sejalan dengan seruan International Air Transport Association (IATA) sejak pertengahan tahun lalu yang menghendaki anggotanya untuk segera beralih menjadi industri yang berbiaya rendah (low cost industry), (SWA 25/XXII/30 November-10Desember 2006). IATA juga memberi ultimatum tahun 2007 nanti, diharapkan semua anggotanya telah menerapkan sistem e-ticketing (www.angkasapura2.co.id/news).

Pemasar dapat menciptakan nilai tambah melalui utiliti waktu, tempat, bentuk, dan kepemilikan kepada konsumen. Sebagian pemasar percaya bahwa penciptaan nilai melalui market space lebih besar dibandingkan dengan market place. Dalam market space, penyediaan informasi secara langsung oleh pemasar memungkinkan dilaksanakan dari mana saja (anywhere) kepada konsumen yang berada dimanapun (baik potensial maupun aktual) dan kapan saja (anytime) dikarenakan tidak adanya hambatan geografis dan waktu.
Teori perilaku konsumen dapat dilihat dari segi proses (Howard dan Sheth, 1967) yaitu input berupa stimuli marketing mix dan lingkungan, yang akan menghasilkan output berupa sikap (attitude), niat (intention), dan perilaku pembelian (purchase behavior). Dalam output terjadi proses: sikap mempengaruhi niat, dan niat mempengaruhi perilaku pembelian.
Pengukuran sikap keyakinan (belief) dan pengendalian persepsi (perceived control) dan hubungannya dengan perilaku niat adalah relevan terhadap pemasaran. Dan untuk memahami perilaku konsumen, kita membutuhkan pemahaman tentang kebutuhan, keinginan, dan persepsi mereka, bagaimana mereka belajar memahami produk, motivasi dan emosi mereka, bagaimana mereka membentuk sikap dan bagaimana mereka membuat keputusan pembelian (Sheth, 2000).

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: