sapy_stories

6 Februari 2009

KONSEP STRATEGI BISNIS

Filed under: 1 — anzbie86 @ 5:36 pm

Konsep Kompetisi
Dalam dunia bisnis dan industri kompetisi itu melekat dengan gerak langkah bisnis dan industri. Hal ini disebabkan terdapatnya lima kekuatan yang terus menerus menekan setiap langkah mereka. Kelima forces itu dikembangkan oleh M.E. Porter : “Competition from suppliers of substitutes, the threat from entrants, competition from established producers, and the bargaining power from suppliers and buyers”.
Bila sebuah bisnis atau industri ini sukses dan memenangkan kompetisi, maka ada dua kriteria yang harus dipenuhi yaitu : pertama, “The company must supply the customers want to buy”; kedua, “The company must survive the competition”. Karena itu ada dua pertanyaan sederhana dalam kaitannya dengan dua kriteria keberhasilan diatas yaitu :
1. Apakah yang diperlukan oleh customer itu ?
2. Apakah yang harus dilakukan agar survive dalam kompetisi ?
Konsep Strategi
Strategi adalah sebuah rencana yang komprehensif yang mengintegrasikan segala resources dan capabilities yang mempunyai tujuan jangka panjang untuk memenangkan kompetisi. Jadi strategi adalah rencana yang mengandung cara komprehensif dan integrative yang dapat dijadikan pegangan untuk bekerja, berjuang dan berbuat guna memenangkan kompetisi. Berikut ini beberapa definisi strategi yang walaupun rumusannya bervariasi, nmun memiliki karakteristik dan unsur-unsur yang esensinya sama. “Strategy is the great work of organization. In situations of life and death, it isthe Tao of survival or extinction. Its study cnnot be neglected”
“Strategy is the overall plan for deploying resources to establish a favorable aposition for action”. “A strategy is the pattern or plan that integrated an organization major goals, policies, and action aequences into a cohesive whole. A well formulated strategy helps to marshall and allocated organization resources into a unique and viable posture based upon its relative internal competences and shortcomings, anticipated changes, in the environment and contingent moves by intelligent opponents”.
Konsep strategi ini secara historis memang berasal dari militer, seperti yang diungkapkan oleh Von Neumon dan Morgenstren dalam tulisannya “Theory of Games” yang mengandung teori dan konsep strategy. Dari sinilah konsep tersebut kemudian di aplikasikan kedalam dunia bisnis dan dunia kehidupan lainnya seperti politik. Thomas Schelling mengembangkan study dengan judul “The Strategy of Conflict” yang mengungkapkan berbagai unsur strategy yang umum ditemui dalam berbagai aspek kehidupan dalam situasi competitive. Unsur-unsur umum ini adalah prinsip-prinsip dalam bargaining, threats, mutual distrusts, dan balance antara kerjasama dan konflik. Dalam perkembangan selanjutnya terutama dalam era globalisasi strategy merupakan management instrument yang ampuh dan tidak dapat dihindari, tidak hanya untuk survival dan memenangkan persaingan tapi juga untuk tumbuh dan berkembang.
Analysis Terhadap Kompetitor
Dalam membangun strategi untuk memenangkan kompetisi maka salah satu fokus utama adalah memahami tentang posisi dan gerakan competitor. Berikut ini pertanyaan mendasar dalam menganalysis competitor :
1. Siapa yang harus menjadi sasaran competitor, dan langkah apa yang harus diambil?
2. Apakah strategic move competitor itu dan seberapa seriuskah harus diperhatikan?
3. Hal apa yang harus dihindari untuk menghindari response yang emosional dan desperate?

2 Komentar »

  1. Selamat siang…
    saya sedang menganalisa pergerakan competitor dalam bidang pendidikan…
    bisa berikan masukan mengenai bagaimana cara untuk melakukan analisis tersebut dan data apa saya yg dibutuhkan untuk analisis tersebut.
    terima kasaih

    Komentar oleh fanfan — 26 Juni 2009 @ 4:26 pm

  2. @ fanfan….maf telat blz komen ny ya…saya jg sedang belajar….menurut saya, coba terapkan pertanyaan mendasar ttg kompetitor…dari pertanyaan2 itu bisa berkembang pertanyaan2 lain yg mungkin akan mendukung analisis yg dibutuhkan…tq

    Komentar oleh eve — 9 Oktober 2010 @ 10:11 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: